Feeds:
Posts
Comments

Archive for January, 2011

Badan sakit-sakit saat pertama kali berolahraga dialami banyak orang. Karena takut badan sakit, akhirnya orang malas olahraga. Ternyata ini penyebab sakit-sakit saat pertama kali olahraga.

Rasa sakit atau ketidaknyamanan yang timbul merupakan masa adaptasi untuk membuat otot menjadi lebih kuat dan mampu melakukan tugas berikutnya. Karena itu seseorang sebaiknya tidak patah semangat atau justru berhenti berolahraga.

“Ketika seseorang berolahraga pertama kali maka otot akan mengalami sedikit stres fisik. Rasa sakit atau nyeri ini merupakan hal yang alami dari segala macam aktivitas fisik dan yang paling lazim terjadi pada tahap awal seseorang memulai sebuah program,” ujar Professor Rick Sharp, ahli fisiologi olahraga dari Iowa State University di Ames, seperti dikutip dari WebMD, Kamis (27/1/2011).

Rasa nyeri dan ketidaknyamanan ini muncul antara 24-48 jam setelah berolahraga. Kondisi ini normal dan dikenal sebagai nyeri otot tertunda (delayed onset muscle soreness/DOMS).

Saat orang berolahraga itu artinya ia sedang menguji kekuatan tubuh dan otot yang menimbulkan ketegangan dalam serat otot. Lalu tubuh akan meresponsnya dengan memicu sintesis otot baru yang membuat otot tumbuh menjadi lebih kuat dan membuat orang mampu menghadapi beban yang lebih besar.

Setiap beban kerja bertambah maka otot-otot ini didorong untuk bertahan. Akibatnya otot menjadi stres dan menimbulkan rasa sakit. Kondisi inilah yang terjadi saat orang pertama kali olahraga atau mencoba berolahraga yang lebih berat dibanding sebelumnya.

Jika badan sakit usai olahraga ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit:

  1. Mengompres dengan es
  2. Istirahat
  3. Obat anti peradangan
  4. Pemijatan
  5. Melakukan peregangan.

Untuk pertama berolahraga lakukan stretching atau peregangan karena bisa mengurangi rasa nyeri yang timbul.
Mulailah dengan melakukan olahraga ringan lalu secara bertahap ditingkatkan intensitas dan frekuensinya. Melakukan pendinginan tepat sebelum olahraga berakhir (10 menit sebelum selesai) juga bisa memberikan mengurangi rasa nyeri.

Sumber: DetikHealth

Read Full Post »

Kita semua mengetahui bahwa aset adalah suatu yang sangat berharga dan manusia merupakan aset yang paling sangat berharga karena merupakan anugrah dari Tuhan Sang Pencipta. Jika dipilah, maka ada bermacam macam aset di muka bumi ini, namun yang dibahas disini hanya terbatas pada aset yang berhubungan dengan perencanaan keuangan utamanya aset finansial saja.

Berbicara mengenai penambahan aset, alangkah bijak jika kita melakukan evaluasi terhadap kekayaan (aset) bersih yang kita miliki. Aset atau kekayaan bersih adalah selisih dari total kekayaan atau harta yang anda miliki dikurangi oleh seluruh utang yang ada.

Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut:
H (Harta)  –  U (Utang) = KB (Kekayaan Bersih)

Lalu apa yang dimaksud dengan kekayaan alias harta itu?, adalah segala sesuatu materi yang anda miliki dan memiliki nilai jual (secara ekonomis), misalkan:

  1. Saldo pada Bank (tabungan, deposito & giro);
  2. Nilai pasar atas aset investasi (obligasi, reksa dana & saham);
  3. Nilai pasar perhiasan emas murni (logam mulia);
  4. Nilai tunai asuransi jiwa;
  5. Nilai pasar property anda (perhitungannya adalah harga realisasi penjualan property sekelas dan terdekat + nilai jual objek pajak dibagi dengan 2);
  6. Nilai pasar kendaraan (mobil, motor);
  7. Nilai pasar peralatan rumah tangga (peralatan dapur, elektronik, dll);
  8. Nilai pasar perabotan rumah (furniture), nilai barang pribadi, dll.

Kemudian apa yang dimaksud dengan utang?, adalah seluruh sisa pinjaman (pokok dan bunga) yang anda miliki (ingat pinjaman bukan penyertaan modal investasi dari pihak lain kepada anda), misalkan:

  1. Utang jangka pendek (maksimal 1 tahun);
  2. Jangka menengah diatas 1 tahun hingga 5 tahun;
  3. Utang jangka panjang diatas 5 tahun.

Pertanyaan berikut adalah bagaimana cara meningkatkan aset tersebut?, lakukanlah investasi, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Lakukan investasi dengan jumlah minimal 10% dari pendapatan anda;
2. Tentukan sasaran (target) investasi tersebut, misal untuk dana pendidikan anak saat masuk universitas atau untuk persiapan membeli rumah baru atau mungkin untuk berlibur dengan keluarga?, dll.;
3. Tentukan waktu yang tersedia, berdasarkan poin 2 didapat waktu yang tersedia, misal untuk dana pendidikan tersedia 10 tahun (bagi orang tua yang memiliki anak dengan usia 8 tahun), dana untuk membeli rumah direncanakan 5 tahun dari sekarang dan untuk dana berlibur dibutuhkan waktu (misalnya) 9 bulan dari sekarang;
4. Tentukan instrumen investasi anda berdasarkan waktu yang tersedia, bentuklah portfolio investasi pribadi anda, misal sebagai berikut:
a.Waktu tersedia kurang dari 1 tahun, Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) dengan kombinasi pada deposito;
b.Waktu tersedia antara 1 – 3 tahun, Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT)dikombinasi dengan Reksa Dana Campuran (RDC);
c.Waktu tersedia antara 3 – 5 tahun, Reksa Dana Campuran (RDC) dengan kombinasi Reksa Dana Saham (RDS) serta jika memungkinkan (tergantung besar aset tunai anda) dapat ditambah dengan sedikit dikombinasi pada pembelian dan penjualan saham (trading) di bursa efek;
d.Diatas 5 tahun, Reksa Dana Saham (RDS) sebagian besar, dengan kombinasi investasi pada trading saham (sebagian kecil);
e.Catatan tambahan untuk poin ‘c’ dan ‘d’ sangat dianjurkan hanya bagi mereka yang telah memiliki aset tunai bersifat likuid berupa dana darurat yang telah mencapai 6 hingga 12 kali rata-rata pengeluaran per bulannya;

5. Lakukan proteksi atas aset finansial anda dengan membeli asuransi jiwa melalui produk tradisional dengan jenis YRT (Yearly Renewable Term) yakni produk yang hanya memberikan uang pertanggungan tanpa ada unsur investasi ataupun tabungan. Mengapa jenis ini?, karena memiliki uang pertanggungan yang besar dengan premi yang minimal, sedangkan asuransi yang dikombinasikan dengan investasi (unit link) terbukti biaya di 5 tahun pertama adalah sangat mahal.

6.Lakukan monitoring terhadap butir 4 diatas, lihat perkembangan dana investasi versus target minimal yang harus tercapai.

Setelah langkah untuk meningkatkan aset melalui investasi dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah kembali melakukan evaluasi secara berkala terhadap kekayaan bersih anda, berikut adalah formulasi Rasio Ideal Kekayaan Bersih (minimal , secara matematis:
Us (Usia) X PT (Pendapatan Tahunan) / 10 >=  3,5 PT (Pedapatan Tahunan)
Jadi setelah anda melakukan investasi silahkan evaluasi (berkala tahunan), apakah:

  • KB (Kekayaan Bersih) anda sudah berada >= 3,5 PT atau
  • KB (Kekayaan Bersih) anda sudah berada < 3,5 PT

Untuk jelasnya lihat tabel contoh dibawah ini, dua orang pekerja dengan jabatan yang berbeda:

Uraian Direktur Karyawan
Usia (tahun) 35 35
Pendapatan/Bulan (Rata-rata) Rp 35.000.000 Rp 2.500.000
Pendapatan/Tahun Rp 420.000.000 Rp 30.000.000
Kekayaan Bersih Rp 850.000.000 Rp 125.000.000

Penjelasan /Analisa :
Total kekayaan bersih sang Direktur Rp 850 juta, kekayaan bersih sang Karyawan hanya sebesar Rp 125 juta, namun ternyata sang Karyawan lebih kaya dari sang Direktur, ini disebabkan karena:

Rasio Kekayaan Bersih Direktur Karyawan
Rasio Ideal Kekayaan Bersih 2,02 4,17
Rasio Ideal Kekayaan Bersih (minimal) 3,50 3,50

Jadi ternyata sang Direktur tidak lebih kaya dari sang Karyawan karena Rasio Kekayaan Bersih Direktur hanya 2,02 (mungkin memiliki utang yang besar disertai dengan gaya hidup yang mewah), sedangkan sang Karyawan memiliki Rasio Kekayaan Bersih yang lebih baik dari standar minimum yaitu sebesar 4,17. Jangan menyalahkan diri anda jika rasio belum tercapai, ini adalah merupakan langkah awal untuk melakukan perencanaan keuangan, usahakan rasio minimal sebesar 3,50 dapat tercapai sejalan dengan perkembangan waktu.

Jika ingin menjadi kaya secara finansial ada pesan yang pertama yaitu “Lakukanlah Investasi maka Anda Menjadi Kaya”, jangan berpikir terbalik “Lakukan Investasi Jika Telah Kaya!’. Pesan sederhana ini silahkan dicoba karena sejauh yang kami ketahui  orang terkaya didunia melakukan pesan yang pertama, selamat mencoba.

Sumber :

http://www.detikfinance.com/read/2010/10/18/104351/1467543/722/lakukan-investasi-maka-anda-kaya

 

Read Full Post »

Semangka paling sering dihidangkan sebagai buah dan makanan penutup di berbagai acara, karena mudah diperoleh dan mengandung banyak vitamin serta antioksidan yang baik untuk kesehatan. Selain itu, juga mengandung nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk kehidupan seks pria. Apa itu?

Selain banyak mengandung vitamin C, kalium dan vitamin B6, semangka juga mengandung senyawa antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel.

Tak hanya itu, semangka juga kaya asam amino citrulline and arginin, yang keduanya memiliki dampak positif pada tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa nutrisi pada semangka ini dapat memberikan kelimpahan manfaat, terutama bagi kemampuan seks pria.

Beberapa manfaat semangka untuk kehidupan seks pria seperti dilansir Livestrong, Kamis (19/1/2011):

1. Mencegah kanker prostat
Menurut penelitian dari Curtin University of Technology di Australia, semangka mengandung banyak antioksidan lycopene yang dapat melindungi pria terhadap kanker prostat.

Kanker prostat merupakan kanker kedua yang paling mematikan. Selain itu, pria yang menderita kanker prostat bisa mengalami penurunan fungsi seksual dan kesuburan karena teknik pengobatan radiasi.

2. Mengobati diabetes tipe 2
Kandungan arginin yang tinggi pada semangka dapat membantu mengobati diabetes tipe 2 (karena gaya hidup). Penelitian menemukan arginin dapat meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitifitas insulin, keduanya membantu menurunkan kadar glukosa yang tinggi dan berhubungan dengan diabetes.

Pria yang mengalami diabetes dikaitkan dengan kehilangan kemampuan seksual karena mengalami disfungsi ereksi.

3. Meningkatkan fungsi pembuluh darah
Menurut penelitian dari Texas A&M University, citrulline yang ditemukan pada semangka dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah. Peneliti menemukan bahwa citrulline dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, yaitu molekul gas yang membantu memperluas dan melebarkan pembuluh darah. Oleh karena itu, semangka sering disebut memiliki efek Viagra karena dapat memperlancar aliran darah menuju penis.

4. Menurunkan tekanan darah
Semangka juga telah lama dikenal sebagai buah yang dapat menurunkan tekanan darah. Dengan tekanan darah yang normal, pria semakin dijauhkan dengan segala penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

 

Sumber: DetikHealth

Read Full Post »

Pada suatu malam, seorang buta berpamitan pulang dari rumah sahabatnya. Sang sahabat membekalinya dengan sebuah lentera pelita. Orang buta itu terbahak berkata: “Buat apa saya bawa pelita? Kan sama saja buat saya! Saya bisa pulang kok.” Dengan lembut sahabatnya menjawab, “Ini agar orang lain bisa melihat kamu, biar mereka tidak menabrakmu.” Akhirnya orang buta itu setuju untuk membawa pelita tersebut. Tak berapa lama, dalam perjalanan, seorang pejalan menabrak si buta. Dalam kagetnya, ia mengomel, “Hei, kamu kan punya mata! Beri jalan buat orang buta dong!” Tanpa berbalas sapa, mereka pun saling berlalu.

 

Lebih lanjut, seorang pejalan lainnya menabrak si buta. Kali ini si buta bertambah marah, “Apa kamu buta? Tidak bisa lihat ya? Aku bawa pelita ini supaya kamu bisa lihat!” Pejalan itu menukas, “Kamu yang buta! Apa kamu tidak lihat, pelitamu sudah padam!” Si buta tertegun…. Menyadari situasi itu, penabraknya meminta maaf, “Oh, maaf, sayalah yang ‘buta’, saya tidak melihat bahwa Anda adalah orang buta.”

 

Si buta tersipu menjawab, “Tidak apa-apa, maafkan saya juga atas kata-kata kasar saya.” Dengan tulus, si penabrak membantu menyalakan kembali pelita yang dibawa si buta. Mereka pun melanjutkan perjalanan masing-masing.

 

Dalam perjalanan selanjutnya, ada lagi pejalan yang menabrak orang buta kita. Kali ini, si buta lebih berhati-hati, dia bertanya dengan santun, “Maaf, apakah pelita saya padam?” Penabraknya menjawab, “Lho, saya justru mau menanyakan hal yang sama.” Senyap sejenak… secara berbarengan mereka bertanya, “Apakah Anda orang buta?” Secara serempak pun mereka menjawab, “Iya…,” sembari meledak dalam tawa. Mereka pun berupaya saling membantu menemukan kembali pelita mereka yang berjatuhan sehabis bertabrakan.

 

Pada waktu itu juga, seseorang lewat. Dalam keremangan malam, nyaris saja ia menubruk kedua orang yang sedang mencari-cari pelita tersebut. Ia pun berlalu, tanpa mengetahui bahwa mereka adalah orang buta. Timbul pikiran dalam benak orang ini, “Rasanya saya perlu membawa pelita juga, jadi saya bisa melihat jalan dengan lebih baik, orang lain juga bisa ikut melihat jalan mereka.”

 

Pelita melambangkan terang kebijaksanaan. Membawa pelita berarti menjalankan kebijaksanaan dalam hidup. Pelita, sama halnya dengan kebijaksanaan, melindungi kita dan pihak lain dari berbagai aral rintangan (tabrakan!).

 

*****

 

Si buta pertama mewakili mereka yang terselubungi kegelapan batin, keangkuhan, kebebalan, ego, dan kemarahan. Selalu menunjuk ke arah orang lain, tidak sadar bahwa lebih banyak jarinya yang menunjuk ke arah dirinya sendiri. Dalam perjalanan “pulang”, ia belajar menjadi bijak melalui peristiwa demi peristiwa yang dialaminya. Ia menjadi lebih rendah hati karena menyadari kebutaannya dan dengan adanya belas kasih dari pihak lain. Ia juga belajar menjadi pemaaf.

 

Penabrak pertama mewakili orang-orang pada umumnya, yang kurang kesadaran, yang kurang peduli. Kadang, mereka memilih untuk “membuta” walaupun mereka bisa melihat.

 

Penabrak kedua mewakili mereka yang seolah bertentangan dengan kita, yang sebetulnya menunjukkan kekeliruan kita, sengaja atau tidak sengaja. Mereka bisa menjadi guru-guru terbaik kita. Tak seorang pun yang mau jadi buta, sudah selayaknya kita saling memaklumi dan saling membantu.

 

Orang buta kedua mewakili mereka yang sama-sama gelap batin dengan kita. Betapa sulitnya menyalakan pelita kalau kita bahkan tidak bisa melihat pelitanya. Orang buta sulit menuntun orang buta lainnya. Itulah pentingnya untuk terus belajar agar kita menjadi makin melek, semakin bijaksana.

 

Orang terakhir yang lewat mewakili mereka yang cukup sadar akan pentingnya memiliki pelita kebijaksanaan.

 

Sudahkah kita sulut pelita dalam diri kita masing-masing? Jika sudah, apakah nyalanya masih terang, atau bahkan nyaris padam? JADILAH PELITA, bagi diri kita sendiri dan sekitar kita.

 

Sebuah pepatah berusia 25 abad mengatakan: Sejuta pelita dapat dinyalakan dari sebuah pelita, dan nyala pelita pertama tidak akan meredup. Pelita kebijaksanaan pun, tak kan pernah habis terbagi.

 

Sumber : Kisah-kisah Inspiratif

 

Read Full Post »

Alkisah Pada zaman Tiongkok Kuno ada seorang petani mempunyai seorang tetangga yang berprofesi sebagai pemburu dan mempunyai anjing-anjing yang galak dan kurang terlatih. Anjing-anjing itu sering melompati pagar dan mengejar-ngejar domba-domba petani. Petani itu meminta tetangganya untuk menjaga anjing-anjingnya, tetapi ia tidak mau peduli. Suatu hari aning-anjing itu melompati pagar dan menyerang beberapa kambing sehingga terluka parah.

Petani itu merasa tak sabar, dan memutuskan untuk pergi ke kota untuk berkonsultasi pada seorang hakim. Hakim itu mendengarkan cerita petani itu dengan hati-hati dan berkata, “Saya bisa saja menghukum pemburu itu dan memerintahkan dia untuk merantai dan mengurung anjing-anjingnya. Tetapi Anda akan kehilangan seorang teman dan mendapatkan seorang musuh. Mana yang kau inginkan, teman atau musuh yang jadi tetanggamu?” Petani itu menjawab bahwa ia lebih suka mempunyai seorang teman.

“Baik, saya akan menawari Anda sebuah solusi yang mana Anda harus manjaga domba-domba Anda supaya tetap aman dan ini akan membuat tetangga Anda tetap sebagai teman.” Mendengar solusi pak hakim, petani itu setuju.

Ketika sampai di rumah, petani itu segera melaksanakan solusi pak hakim. Dia mengambil tiga domba terbaiknya dan menghadiahkannya kepada tiga anak tetangganya itu, yang mana ia menerima dengan sukacita dan mulai bermain dengan domba-domba tersebut. Untuk menjaga mainan baru anaknya, si pemburu itu mengkerangkeng anjing pemburunya. Sejak saat itu anjing-anjing itu tidak pernah menggangu domba-domba pak tani.

Di samping rasa terimakasihnya kepada kedermawanan petani kepada anak-anaknya, pemburu itu sering membagi hasi buruan kepada petani. Sebagai balasannya petani mengirimkan daging domba dan keju buatannya.

Dalam waktu singkat tetangga itu menjadi teman yang baik.

 

Repost from Kisah-kisah Inspiratif

Read Full Post »

Sebagian besar anak yang belum bisa berlatih buang air kecil atau besar di toilet masih mengandalkan popok. Kapan si kecil bisa mulai lepas atau tidak menggunakan popok lagi?

Popok sekali pakai yang digunakan oleh balita memang bisa mempermudah hidup orangtua atau pengasuhnya karena membuatnya tidak repot harus selalu mencuci celana dan membuat rumahnya tetap bersih. Tapi kondisi ini sebaiknya tidak terus menerus terjadi karena tidak akan membantu balita membangun kesadarannya terhadap kebutuhan menggunakan toilet.

Seperti dikutip dari buku Your Baby Month by Month karangan Su Laurent dan Peter Reader yang diterbitkan Esensi, Kamis (13/1/2011) perkembangan balita untuk BAK (buang air kecil) atau BAB (buang air besar) di kamar mandi beragam karenanya tidak ada angka pasti mengenai kapan usia yang tepat.

Tapi orangtua bisa mulai melatihnya saat anak berusia 18-30 bulan, dan sebagian besar anak sudah lepas popoknya saat berusia 3 tahun.

Untuk mengetahui apakah si kecil sudah siap atau belum untuk melepas popok, lihatlah beberapa tanda yang menunjukkan kesiapan anak yaitu:

  1. Anak memberitahu orangtua atau pengasuhnya jika popok yang digunakan basah atau kotor.
  2. Anak menunjukkan ketertarikan ketika menggunakan kamar mandi.
  3. Anak memiliki kesadaran untuk buang air kecil atau buang air besar.

Jika anak sudah menunjukkan tanda tersebut, maka peran orangtua adalah memberikan dorongan psikologis pada anak dan jangan membuat anak merasa bersalah jika anak gagal mengontrol kandung kemih dan sistem pelepasannya. Karena rasa bersalah tersebut bisa membuat perkembangan proses ini semakin lama, untuk itu berilah si kecil waktu belajar.

Untuk awalnya orangtua bisa memulai dari pagi hingga sore hari, latihlah anak untuk mengucapkan atau memberitahu orangtuanya jika ingin pipis atau sakit perut. Pada tahap-tahap awal pembelajaran, sebaiknya tetap gunakan popok celana jika ingin bepergian dan tidur sampai balita benar-benar bisa mengontrol pipis dan BAB-nya.

Dalam proses melepaskan popok, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan orangtua pada balitanya yaitu:

  1. Memarahi balita karena ia mengompol atau pipis sembarangan dan tidak memberitahu orangtuanya.
  2. Melepaskan popok saat malam hari di awal-awal proses pembelajaran, karena banyak balita yang belum siap untuk berhenti menggunakan popok sewaktu tidur.
  3. Memaksa anak untuk langsung bisa pipis atau BAK di kamar mandi, karena proses ini butuh pembelajaran dan orangtua harus meluangkan waktu untuk mengajarinya.

 

Sumber: DetikHealth

Read Full Post »

Diet tidak melulu berkaitan dengan mengurangi makan, namun menjaga perut tetap dalam keadaan kenyang meskipun dengan sekali makan. Menurut Sneha Jain, seorang ahli nutrisi, ada beberapa jenis makanan yang bisa menjaga lambung tetap dalam kondisi kenyang sehingga secara tidak langsung porsi makan  berkurang dan berat badan terjaga.

Berikut ini beberapa bahan makanan yang bisa dipilih terutama dalam menu pesta supaya mendapatkan rasa kenyang lebih lama atau tahan lapar:

Ikan (Fatty Fish)
Ikan  yang mengandung asam lemak Omega-3 seperti salmon, tuna, mackarel, dan hering selain menurunkan kolesterol juga mempercepat metabolisme.  Omega-3 lemak asam mengubah tingkat leptin – hormon yang secara langsung mempengaruhi metabolisme dan menentukan apakah Anda membakar kalori atau menyimpannya sebagai lemak. Ikan juga menjadi sumber protein yang baik. Tentu saja cara pengolahannya diperhatikan, seperti dipanggang atau di kukus.

Buah Asam
Buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk peras, jambu biji pepaya, dan tomat kaya akan vitamin C dan serat. Vitamin C membantu proses lemak tubuh lebih cepat dan juga merangsang asam amino yang dikenal sebagai karnitin – senyawa yang mampu membakar lemak. Buah jeruk juga memiliki kandungan air yang tinggi dan menyediakan sekitar 50 sampai 75 kkal, membuat rasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

Sayuran Hijau

Sayuran seperti bayam, asparagus dan brokoli memiliki efek termal yang tinggi pada tubuh dan tentunya rendah kalori. Ini berarti tidak mungkin sayuran disimpan sebagai lemak karena sebagian besar kalori mereka dibakar dalam proses pencernaan. Selain itu, serat yang terdapat dalam sayuran hijau mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang memberi rasa kenyang.

Popcorn
Popcorn, camilan yang asyik buat nonton mengandung serat dan juga rendah kalori. Namun, jangan gunakan karamel, keju, dan juga mentega saat membuatnya. Agar manfaatnya bisa di rasakan.

Kacang
Kacang merupakan sumber serat dan protein nabati yang baik. Kacang memakan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama. Selain itu, protein memiliki indeks kenyang tertinggi (yang menentukan berapa lama akan Anda merasa kenyang) dibandingkan nutrisi lainnya.

Produk Susu Rendah Lemak
Susu rendah lemak dan juga jenis produk susu rendah lemak lain, seperti yoghurt dan keju rendah lemak adalah sumber kalsium yang baik. Kalsium membantu memecah sel-sel lemak yang ada dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidak
mendapatkan cukup kalsium dapat memicu pelepasan calcitrol, suatu hormon yang menyebabkan penyimpanan lemak.

Apel
Apel sering kali dijadikan makanan pengganti untuk Anda yang berdiet. Tak heran, karena dalam satu buah apel mengandung kadar air dan juga serat yang cukup tinggi. Sehingga  akan memberi rasa kenyang setelah memakannya. Pada kulit apel terdapat kandungan serat larut yang bernama pektin yang dapat menekan nafsu makan secara alami.

 

Sumber: detikfood

Read Full Post »